Langsung ke konten utama

TUBEL REKAMAN PENGETAHUAN PAGE 75

Saya percaya kemampuan bahasa adalah tentang seberapa banyak rekaman pengetahuan bahasa yang tersimpan dalam otak. Semakin banyak rekaman pengetahuan bahasa yang masuk dan tersimpan dalam otak maka semakin baik pengetahuan bahasa yang dimiliki seseorang. Orang dengan kemampuan Bahasa tinggi saya percaya rekaman pengetahuan bahasa di dalam otaknya telah banyak. Sedangkan orang dengan kemampuan bahasa yang tidak tinggi saya percaya rekaman pengetahuan bahasa dalam otaknya masih rendah.

Kemampuan Bahasa sama seperti kemampuan pengetahuan bidang lainnya. Mirip seperti kemampuan manajerial, kemampuan ledership, kemampuan emotional, kemampuan beragama maka semuanya hanya tentang seberapa banyak seseorang telah melakukan proses rekam merekam pengetahuan ke dalam otaknya. Proses merekam pengetahuan ini dapat dilakukan dengan banyak cara, ada dengan baca buku, mengikuti kursus, menonton vido, mengikuti training, workshop. Seminar dan lain sebagainya.

Perlu diketahu bahwa menurut penelitian kemampuan otak manusia untuk menyimpan informasi sangat besar. Ada yang meneybutkan bahwa jika seluruh buku di semua perpustakaan di dunia dimasukkan rekamannya ke dalam otak manusia maka hal itu belum membuat otak manusia penuh dan masih mempunyai ruang untuk pengetahuan yang lainnya.

Maka otak manusia ini adalah modal dan anugerah besar yang telah diberikan Allah untuk manusia dalam menjalankan tugasnya di muka bumi. Tinggal manusianya saja apakah mau mensyukurinya dengan memanfaatkan dan menggunakan anugerah otak ini dengan sepenuhnya, dengan semaksimalnya dan dengan sebesar-besarnya. Ataukah tidak menggunakannya dengan maksimal.

Berbekal pengetahuan tentang kapasitas otak dan cara melakukan rekaman otak yang telah diajarkan oleh pak armala dalam WCM nya, maka saya percaya bisa menambah rekaman pengetahuan bahasa inggris. Caranya dengan menambah rekaman pengetahuan dengan segala cara yang mampu dilakukan. Dan melakukan deliberate practice yang ada untuk melatih dan mempraktekan kemampuan bahasa inggris agar pengetahuan bahsa inggris yang dapat berubah menjadi ketermpilan Bahasa inggris.

Apa perbedaan pengetahuan dan keterampilan/kemampuan? Pengetahuan adalah seseorang dapat menjelaskan tentang sesuatu. Sedangkan keterampilan/kemampuan adalah seseorang bisa melakukan dan mempraktekan sesuatu. Jika saya bisa menjelaskan tentang bahasa inggrsi saya masih berada dalam tingkat pengetahuan bahasa inggris. Seterusnya ketika saya mampu mempraktekan dan menggunakan bahasa inggris dalam perkataan ataupun tindakan itu menunjukkan saya sudah memiliki keterampilan bahasa inggris.

Saya ingin bercerita bahwa saya diberikan peluang dan kesempatan oleh Perusahaan tempat saya bekerja untuk dapat mengikuti program TUBEL. Tubel adalah singkatan dari tugas belajar. Tugas belajar ini ada di dalam negeri dan divluar negeri. Bersama beberapa orang yang telah ditunjuk Perusahaan telah melakukan test awal test level Bahasa inggris. Level bahasa inggris ini bertujuan untuk menempatkan kami padavprogram persiapan/kursus bahasa inggris sesuai dengan kemampuannya. Jika di Tingkat sekolah maka ada yang kemampuannya di level SD, SMP, SMA atau Universitas. Ada Beginner, Intermediet dan advance.

Saya setelah mengikuti test penyaringan mendapatkan hasil beginner. Artinya pemula sekali. Teman teman saya, ada yang hasilnya intermediate dan ada yang telah advance. Hasil test level bahasa inggris beginner ini menyadarkan saya bahwa faktanya keadaan dan pengetahuan dan kemampuan bahasa inggris saya saat ini berada di posisi beginner artinya pemula. Hal ini menjadi motivasi bagi saya untuk meningkatkannya menuju kemampuan dan skill yang lebih tinggi. Seperti dalam Perusahaan yang memiliki goal tahunan maka saya juga memiliki goal bahasa inggris yaitu meningkatkan pengetahuan, keterampilan bahasa inggris saya menjadi lulus standar toefl, mampu menonton video bahs ainggris faham, memapu baca buku bahsa inggris faham dan mampuberbicara bahsa inggris dengan baik dan mampu menulis dalam bahsa inggris yang mudah dipahami oleh orang inggris dan orang dalam negeri.

Kenapa bahasa inggris ini penting, pertama karena saya diberikan peluang dan kesempatan untuk dapat kuliah di luar negeri. Kesempatan ini perlu diambil dan dimanfaatkan sebaik baiknya dan sebesar-besarnya dengan dimulai meningaktkan kemampuan bahasa inggris. Kedua Bahasa inggris merupkan kunci untuk membuka ilmu pengetahuan leadership, managerial skill, phisikologi, sales, marketing, dan banyak pengetahuan lainnya yang telah tersedia oleh para ahli/ekspert dibidangnya masing-masing dalam bentuk video atau buku berbahasa inggris. Di tengah zaman keberlimpahan (abundance) ini menguasai Bahasa inggris adalah menjadi kunci dan jalan meningkatkan pengetahuan secara pesat.

Dengan berbekal kepercayaan, semangat, doa dan usaha saya percaya saya bisa memiliki keterampilan bahasa inggris. Saya berpikir untuk mengusasai ilmu pengetahuan dunia maka kuasailah bahasa inggris dan untuk mengusasai ilmu pengetahuan akhirat maka kuasailah bahasa arab.

Saya dulu belum tau bahwa cara untuk meningkatkan pengetahauan dan keterampilan suatu bidang adalah dengan menambah rekaman pengetahuan tersebut dalam otak kita dan melakukan Latihan praktek dan deliberate practice nya. Sekarang setelah mengetahui cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tersebut saya merasa lebih mudah dan memiliki keyakinan dan kepercayaan bahwa apapun bidang yang ingin kita kuasai hal itu memungkinkan dengan cara menambah rekaman pengetahuannya dan prakteknya.

Saya minta doa dan support teman teman sekalian semoga dapat terus rutin melakukan usaha menambah rekaman pengetahuan bahasa inggris dan prakteknya setiap hari. ada tempat saya belajar Bahasa inggris yang saya rasa sangat mudah difahami penjelasannya dan pelajarannya. Cara beliau mengajar sederhana, jeas dan mudah faham. Ada PR nya juga yang dapat dikerjakan setelah Pelajaran selesai. PR secara online. Ada materi pelajarannya yanag dapat kami simpan dan cetak sendiri di rumah.

Beliau adalah kandidad PhD linguistic di slaah satu universitas di dunia. Dan telah melakukan traveling ke 42 negara negara di dunia.

Tentu akan sangat banyak inspirasi dan pengalaman yang di dapat jika dapat kuliah di luar negeri dan bertandang ke negara negara di dunia. Dapat melihat keadaan orang orang di negara tersebut, melihat perpusatakaannya, melihat kampusnya, melihat tempat ibadahnya, melihat pendidikannya, melihat bisnis di sana, melihat dan bertemu dan belajar kepada para ahli dan expert di negar negara tersebut. Dapat mengikuti training, workshop atau course di negara tersebut. Dapat mengunjungi tempat tempat wisata dan bertamu, berziarah ke orang-orang soleh yang ada di negara tersabut.

Dapat bertemu dengan orang orang hebat, bertemu juga dengan orang indonesia yang ada di negara tersebut, dapat melihat pemandangan alamnya, menaiki tansportasinya,  menghirup udara sejuk di hutan dan taman kotanya. Mandi, berenang di aliran air yang jernih dan segar serta sejuk. Menikmaati secangkir kopi panas dan dilain waktu menyeruput teh di gerai café di negara tersebut.

Beretemu dengan berbagai macam orang, sifat dan keragaman budayanya. Karakter orang yang berbeda beda. Bukankah Tuhan telah mengingatkan kepada kitaa bahwa kita diciptakan dengan berbagai macam suku bangsa agar dapat saling kenal mengenal. Dapat saling bekerjasama dan dapat saling bersilaturahim.

Dengan berbagai keragaman tersebut maka akan semakin nampaklah kebesaran dan kekusasaan Allah yang telah menciptakan berbagai macam suku bangsa dan kelebihannya dan keunikannya.

Bukankah kaka tingkatmu di kampus ada yang telah tubel keluar negeri, Uda Ahmad fuadi juga telah kuliah di luar negeri, Pak ahmad faiz Zainuddin juga telah kuliah di luar negeri, Ir Soekarno, dan tokoh tokoh bangsa lainnya beliau beliau semua juga telah kuliah diluar negeri dan mampu dan mendaptkan pengetahuan dan keterampilan yang dapat dibawa pulang ke negara tercinta Indonesia ini untuk dapat meningkatakn kehidupan bangsa dan negara. Untuk dapat meningkatkan kebaikan dari sektor terkecil yaitu dirimu sendiri, keluargamu, desa/kelurahanmu, kecamatanmu, kabupaten/kotamu, provinsimu dan negaramu.

Endar Prayudi. Balikpapan 17 September 2024. 1.118 kata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KUNANG-KUNANG MUNGKINKAH MEMELIHARA KUNANG-KUNANG?                 Orang yang baru mulai belajar mengenali kunang akan membuat catatan perbedaan antara kunang jantan dan betina dari spesies P. pyralis . Ukuran tubuh betina kadang-kadang lebih besar dari jantan. Jantan mempunyai lentera lebih besar dari betina. Jantan terbang mencari betina yang biasanya menempel di atas daun, ranting atau batang pohon. Betina memiliki lentera yang jauh lebih kecil dari jantan. Lentera betina akan berkedip jika melihat jantan. Selisih antara kedipan lentera jantan dan direspon oleh betina adalah sekitar 2 detik pada spesies ini. Informasi ini dapat digunakan untuk berburu kunang betina dengan menggunakan kedipan cahaya dari pen light untuk meniru pola kedipan cahaya dari jantan. Kemampuan berburu kunang betina dan menangkap betina kunang jenis P. pyralis menjadikannya ideal untuk mempelajarinya dan meneliti perkawinan, koleksi telur, pemeliharaan larva dan penyelidikan terkait lainnya

PAGE 60 BUS PULAU INDAH JAYA BALIKPAPAN – BANJARMASIN, TEMAN SETIA BAGI PERANTAU DI KALIMANTAN TIMUR

Seorang perantau kerap merasakan perjalanan darat atau udara. Perjalanan dari tempat rantaunya menuju rumah tempat lahir atau tempat orang yang dicintai tinggal, perjalanan menemui keluarga karena ingin melepas rindu. Di tahun 2016 masuk bekerja diterima di Banjarmasin. Sekitar 3 bulan kemudian melaksanakan tugas merantau ke Balikpapan, kurang lebih dua bulan kemudian ditugaskan di Samarinda. Tahun 2020 dipanggil kembali   untuk bertugas di Balikpapan sampai sekarang. Sebagai perantau, perjalanan pulang dari Balikpapan ke Banjarmasin sering dilakukan. Perjalanan dari Balikpapan ke Banjarmasin dapat ditempuh lewat udara selama sekitar 55 menit penerbangan. Sedangkan lewat darat juga dapat ditempuh menggunakan Bus selama 12 jam s.d 15 jam. Saya dahulu sering pulang ke Banjarmasin menggunakan udara dan kembali ke Balikpapan lewat darat. Kini perubahan kondisi, saya lebih sering pulang ke Banjarmasin lewat darat dan kembali ke Balikpapan juga lewat darat. Dari Balikpapan ke Banjarmasin l

MENJEMPUT RIZKI, BANJARMASIN KE BALIKPAPAN PAGE 73

Perjalanan banjarmasin kalsel ke Balikpapan kaltim aku tempuh dengan menggunakan bis selama kurang lebih 12 sampai dengan 15 jam perjalanan darat. Hari ini mengambil keberangkatan bis pertama jam 12.00 wita melewat rute banjarmasin, banjarbaru, martapura, rantau, kandangan, amuntai, tanjung, grogot, labangka, paser dan balikpapan. Jam 23.00 bis kami telah singgah di wirang tanjung untuk istirahat shalat dan makan. Makanan disini ada sate, nasi kuning, tahu, bakwan, pisang goreng, bakso. Aku lebih suka makan sate atau tahu goreng. Ke balikpapan karena menjemput rizki yang ada di balikpapan. Rizki dapat dijemput dengan cara bekerja. Ada juga rizki yang tidak di jemput, melainkan rizkinya diantar. Kenapa kita perlu menjemput rizki? Kita bekerja untuk menjemput rizki yang sengan rizki ini dapat menolongi kita untuk dapat beribadah, menolongi dalam menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu, untuk memenuhi nafkah iyal/keluarga, agar kita menjaga muruah/kehormatan diri tidak meminta-minta, dan jika